Sabtu, 16 Maret 2013

ME-RECYCLE BARANG TAK TERPAKAI MENJADI TAS


Kembali lagi saya mau berbagi cara membuat sesuatu dari hasil karya tangan (handmade)
ini waktu kelas 10 SMA saya di beri tugas oleh guru PLH (Pendidikan Lingkuangan Hidup) me-recycle Barang tidak terpakai dari bungkus makanan/minuman yang biasanya di buang begitu saja, akan tetapi kali ini harus membuat sebuah kreasi. Saya mengambil tugas untuk membuat kreasi tas.
Awalnya saya bingung untuk mengambil bahan dasar dari bungkus makanan apa. Setiap membeli makanan ataupu minuman bungkusnya saya simpan. Sampai kemudian saya mempunyai beberapa  bungkus yang berbeda, banyak diantaranya seperti bungkus-bungkus kopi, bungkus biskuit, bungkus chiki, bungkus wafer, dan bungkus minuman serbuk
Dan akhirnya saya membuat tas dari bungkus minuman serbuk
Inilah fotonya....











CARA MEMBUAT
  Barang yang diperlukan:         
* Bungkus makanan /minuman
* benang
* Jarum
* Tali tas
* Pita (penghias)

  Langkah membuat:
1. Cuci bersih bungkus makanan/minuman yang telah dikumpulkan sebelumnya
2. Susun bungkus, lalu jahit menggunakan tangan (mengecos) atau bisa juga menggunakan mesin jahit
3.  Setelah bungkus-bungkus itu tersambung dan membentuk tas, pasangkan tali di tempat yang ingin diberikan tali
4. Terakhir, beri hiasan pita pada tas agar lebih cantik
Mudah bukan ??
Sampah bukan sekedar sampah !
dari sampah/barang tidak terpakai bisa digunakan untuk berbagai kreasi tangan tau sebagainya, yang menciptakan nilai estetika tersendiri.




Habis baca dan lihat  jangan lupa tinggalkan komentarnya yaaaa.. 
Dina Rosita Mardiana
@dinarositam
http://dinarositam.blogspot.com

1 komentar:

  1. Krestif.... tapi kalau bungkus jasjus kan lentur, itu kk bisa berdiri, dalamnya dikasih apa, Mbak?

    BalasHapus